SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN PIDIE JAYA
1. DASAR PELAKSANAAN KEGIATAN
Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya, berdasarkan kepada Undang-Undang No 05 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2009 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Sekretaris Daerah Aceh dan Sekretaris daerah Kabupaten/Kota di Aceh, dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dengan ini diumumkan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh dan Pemerintah Aceh yang telah memenuhi syarat sebagai berikut:
2. JABATAN YANG LOWONG
Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya yang lowong dan akan diisi adalah sebagai berikut :
NO | JABATAN | ESELON |
1. | SEKRETARIS DAERAH | Eselon II.A |
3. KETENTUAN UMUM
- Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil aktif di Kabupaten/Kota se-Pemerintah Aceh dan Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Aceh;
- Berpangkat minimal Pembina Utama Muda (IV/c);
- Kualifikasi pendidikan minimal Strata-1 (S-1) atau Diploma-IV (D-IV);
- Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun per- 01 Oktober 2017;
- Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan;
- Memiliki Rekam Jejak Jabatan, Integritas, dan Moralitas yang baik;
- Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun;
- Sedang atau pernah menduduki 2 (dua) Jabatan struktural Pimpinan Tinggi Pratama/Eselon II.b yang berbeda dan sekurang-kurangnya telah 2 (dua) tahun kumulatif dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama/Eselon II.B;
- Semua unsur penilaian kinerja dalam 2 (dua) tahun terakhir sekurang-kurangnya bernilai Baik;
- Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang berwenang tempat bertugas;
- Sehat jasmani dan rohani.
4. KETENTUAN PENDAFTARAN
- Pendaftaran dilakukan mulai tanggal 17 Oktober 2017 s/d 30 Oktober 2017 pada hari dan jam kerja mulai pukul 08.00 WIB s/d 16.00 WIB (hari Sabtu, Minggu dan hari besar libur);
- Pendaftaran dilakukan dengan membuat Surat Lamaran yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya serta bermaterai 6.000;
- Surat Lamaran berikut kelengkapan persyaratan disampaikan melalui :
SEKRETARIAT PANITIA SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN PIDIE JAYA
(KANTOR BKPSDM PIDIE JAYA) Jln. Banda Aceh-Medan KM. 158 Cot Trieng, Meureudu. Kode Pos 24186 |
Dengan dilengkapi Persyaratan-persyaratan sebagai berikut :
- Fotocopy SK Pangkat Terakhir yang dilegalisir;
- Fotocopy Ijazah Terakhir yang dipersyaratkan D.IV/S.I (S-2/S-3 jika ada) yang dilegalisir;
- Fotocopy SK Pengangkatan dalam 2 (dua) jabatan terakhir yang dilegalisir;
- Fotocopy Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) 2 (dua) tahun terakhir dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
- Fotocopy Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTP) Diklat PIM Tingkat II yang dilegalisir (bagi yang telah lulus diklat PIM II);
- Fotocopy Sertifikat Diklat Teknis dan Diklat Fungsional;
- Biodata Calon Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya Sesuai dengan Form Lampiran I Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2009;
- Makalah tentang visi, misi, dan rencana strategis Jabatan Pimpinan Tinggi Sekretaris Daerah Kabupaten pidie Jaya
- Surat Keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah;
- Pas Foto Berwarna 4 x 6 cm (Background Merah) sebanyak 2 Lembar;
- Surat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau pejabat yang berwenang tempat bertugas;
- Surat Pernyataan tidak berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik yang dibubuhi materai 6000.
5. JADWAL PENDAFTARAN DAN SELEKSI
NO | KEGIATAN | TANGGAL |
1. | Pengumuman | 16 Oktober s.d 30 Oktober 2017 |
2. | Pendaftaran/Penerimaan berkas | 17 Oktober s.d 30 Oktober 2017 |
3. | Seleksi administrasi | 31 Oktober s.d 01 November 2017 |
4. | Pengumuman hasil seleksi administrasi | 02 November 2017 |
5. | Assesment / Seleksi Kompetensi | 06 November s.d 09 November 2017 |
6. | Wawancara dan Penelusuran Rekam Jejak | 13 s.d 15 November 2017 |
7. | Pengumuman Akhir | 27 November 2017 |
6. TAHAPAN DAN MATERI SELEKSI
- Seleksi Administrasi
- Panitia seleksi melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
- Selanjutnya panitia seleksi menetapkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi berikutnya.
- Seleksi Kompetensi Manajerial
- Kompetensi Manajerial diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural atau manajemen, dan pengalaman kepemimpinan;
- Kompetensi Manajerial menggunakan metode analisa kasus, presentasi, dan wawancara kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Manajerial Jabatan Pimpinan Tinggi Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya;
- Kompetensi Manajerial juga menggunakan metode psikometri untuk menilai aspek psikologi calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya;
- Panitia Seleksi menetapkan dan mengumumkan peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi selanjutnya.
- Seleksi Kompetensi Teknis, Kompetensi Sosial Kultural, Wawancara Akhir, dan Penelusuran Rekam Jejak
- Kompetensi Teknis diukur dari tingkat spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional, dan pengalaman bekerja secara teknis;
- Kompetensi Sosial Kultural diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya sehingga memiiliki wawasan kebangsaan;
- Kompetensi Teknis dan Kompetensi Sosial Kultural menggunakan metode wawancara kompetensi oleh Tim Panitia Seleksi sesuai dengan Standar Kompetensi Teknis dan Standar Kompetensi Sosio Kultural Jabatan Pimpinan Tinggi Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya;
- Wawancara akhir bersifat klarifikasi/pendalaman terhadap pelamar yang mencakup peminatan, motivasi, perilaku, dan karakter;
- Penelusuran rekam jejak melalui rekam jejak jabatan dan pengalaman untuk Melihat kesesuaian dengan jabatan yang dilamar;
- Melakukan penelusuran rekam jejak ketempat asal kerja termasuk kepada atasan, rekan sejawat, dan bawahan dan lingkungan terkait lainnya.
7. KETENTUAN LAIN-LAIN
- Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas lengkap yang sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
- Bagi pelamar yang tidak memenuhi syarat seleksi administrasi, berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi arsip panitia seleksi;
- Surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi disusun rapi dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, disampaikan secara langsung dalam 1 (satu) Amplop tertutup dan ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya melalui Sekretariat Panitia Seleksi JPT Kab. Pidie Jaya dengan alamat Jln. B.Aceh-Medan KM 158, Cot Trieng (Kantor BKPSDM Kab. Pidie Jaya);
- Dalam seleksi ini tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun;
- Keputusan Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
- Apabila dikemudian hari diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan hasil seleksi;
- Setiap perkembangan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris daerah kabupaten Pidie Jaya, akan disampaikan melalui Papan Pengumuman di Sekretariat PANSEL (Kantor BKPSDM Kab. Pidie Jaya) dan Website BKPSDM Kab. Pidie jaya dengan alamat bkpsdm.pidiejayakab.go.id;
- Formulir Surat Lamaran, Surat Pernyataan tidak pernah menjalani hukuman pidana dan/atau hukuman disiplin tingkat sedang maupun berat, Surat Pernyataan tidak berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik, dan Biodata Calon Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya dapat diunduh (Download) melalui Website;
- Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar.
Untuk bahan persyaratan Seleksi Terbuka dapat di Download di bawah ini :
SURAT LAMARAN
BIODATA CALON SEKDA